January 23 2014 0Comment

Menjadi Karyawan atau Memiliki Bisnis Sendiri?

Saya adalah seorang karyawan usia 37 tahun. Mau tanya dimana saat ini saya bingung memilih antara menjadi karyawan atau usaha sendiri. Banyak usaha sampingan yang saya jalankan tapi hasilnya belum memuaskan. Saat ini saya mencoba usaha sampingan ternak ayam. Yang mau saya tanyakan apa yang bisa saya lakukan di usia saya saat ini, jangan sampai saya salah melangkah. Mohon saran dari pak Andrew Nugraha. Terima kasih
– Bapak Edi

Salam Spektakuler!!!

Bapak Edi dan pembaca yang budiman, menjawab kebingungan Anda apakah ingin menjadi karyawan atau membuka usaha sendiri, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda pikirkan karena semuanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

1. Menjadi Karyawan Berarti Financial Anda Aman Setiap Bulan.

Jika Anda bekerja di sebuah perusahaan, berarti Anda akan mendapatkan gaji tetap setiap bulannya. Itu berarti kondisi keuangan Anda akan lebih aman dari waktu ke waktu. Sedangkan jika Anda menjadi pebisnis, maka Anda perlu mengatur cash flow secara lebih tepat karena bisnis bisa saja naik dan bisa saja turun. Jika perusahaan rugi, maka karyawan biasanya tidak terkena imbasnya, tetapi jika perusahaan untung, karyawanpun jarang terkena imbasnya. Sedangkan bagi pengusaha, kerugian akan menjadi tanggung jawabnya tetapi keuntunganpun akan menjadi haknya yang bisa dinikmati.

2. Fokuslah Pada Bidang Yang Paling Anda Senangi.

Bekerja sama dengan orang yang telah berhasil dalam bidang yang ingin Anda pelajari akan menolong Anda terhindar dari kesalahan-kesalahan yang bisa saja terjadi. Namun pada saat yang sama, Anda juga bisa lebih cepat mencapai sukses karena mendapatkan bantuan pemikiran dan trik-trik jitu sesuai dengan pengalaman orang tersebut. Tetap harus diingat bahwa keberhasilan dari orang lain belum tentu akan menjadi keberhasilan kita, tetapi setidaknya Anda akan mendapatkan sebuah pemikiran dan sudut pandang yang berbeda.

4. Konsisten Terhadap Pilihan Anda.

Apapun pilihan Anda, entahkah tetap menjadi karyawan ataupun menjadi pengusaha, belajarlah untuk konsisten terhadap pilihan tersebut. Jika Anda ingin menjadi karyawan, setidaknya Anda bekerja di perusahaan tersebut selama kurang lebih 2-4 tahun. Jika Anda memilih menjadi pengusaha, ingatlah bahwa rata-rata pengusaha akan merasakan keuntungan setelah melewati 5 tahun pertamanya.

Semoga Bapak Edi dan pembaca yang budiman dapat memilih yang tepat sesuai dengan visi Anda.

Artikel ini juga bisa Anda baca di Harian Tribun Timur Makassar, Harian Surya Surabaya, Harian Tribun Jogja & Harian Tribun Jateng. Jika Anda memiliki pertanyaan seputar karir, bisnis dan keuangan kirimkan pertanyaan Anda melalui email ke tanya@andrewnugraha.com

 

Tags:

ambadmin

Write a Reply or Comment